Surat Terakhir Baden Powell

Sebelum Baden Powell atau biasanya disebut sebagai bapak pandu dunia meningga beliau sempat meninggalkan surat terakhir yang ditujukan kepada para anggota pramuka diseluruh dunia, inilah isi suratnya :


Image and video hosting by TinyPic
Dan artinya kurang lebih seperti ini :


“Kepada Para Pandu – Jika anda pernah menonton “Peter Pan” anda akan ingat bagaimana kepala bajak laut selalu membuat pidatonya sekaratnya karena ia takut bahwa mungkin ketika sudah tiba waktu baginya untuk mati dia mungkin tidak punya waktu untuk mengatakannya, sama dengan saya. jadi, meskipun saya saat ini tidak sekarat, saya akan melakukannya suatu hari dan saya ingin mengirimkan sebuah kata perpisahan.

Ingat, ini terakhir kali kamu mendengar ucapan saya, jadi pikirkan hal ini.

Saya telah memiliki kehidupan yang sangat bahagia dan saya ingin setiap satu dari kalian untuk memiliki kehidupan yang bahagia juga.

Saya percaya bahwa Tuhan menempatkan kita di dunia ini untuk menjadi periang dan bahagia menikmati kehidupan. Kebahagiaan tidak datang dari menjadi kaya, atau hanya dari menjadi sukses dalam karir Anda, atau dengan kesenangan diri sendiri. Satu langkah menuju kebahagiaan adalah untuk membuat diri Anda menjadi sehat dan kuat saat Anda masih menjadi anak kecil, sehingga Anda dapat berguna dan sehingga Anda dapat menikmati hidup ketika Anda seorang pria.

Studi Alam akan menunjukkan kepada Anda bagaimana penuh dengan hal-hal yang indah dan keindahan dunia telah dibuat oleh Tuhan untuk Anda nikmati. Puas dengan apa yang Anda punya dan membuat yang terbaik dari itu. Lihatlah sisi terang bukan yang sisi yang suram.

Tetapi cara nyata untuk mendapatkan kebahagiaan adalah dengan memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Cobalah dan meninggalkan dunia ini sedikit lebih baik daripada Anda menemukannya dan ketika ajal menjemput, Anda bisa mati bahagia dalam perasaan bahwa pada tingkat yang Anda tidak menyia-nyiakan waktu Anda, tetapi telah melakukan yang terbaik. "Jadilah Siap" dengan cara ini, untuk hidup bahagia dan mati bahagia-menempel Janji Pramuka Anda selalu ketika Anda tidak lagi menjadi anak laki-laki (anak kecil)- dan Tuhan membantu Anda untuk melakukannya.

Temanmu,

Robert Baden-Powell "
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar